Luv Indonesian Culinary - luvinary.com

Medan Punya 4 Kedai Kopi Legendaris yang Patut Disambangi

Senin,2017-12-04,10:02:06
medan-punya-4-kedai-kopi-legendaris-yang-patut-disambangi | Luvinary.com - Luv Indonesian Culinary
Foto: iStock
Jakarta - Budaya minum kopi juga lekat di kalangan warga Medan. Karenanya tak lengkap mampir ke Medan kalau tidak mencicip kopi racikan kedai legendaris ini.

Sebelum es kopi susu kekinian menjamur di Jakarta, sudah banyak daerah di Indonesia yang sajikan kopi susu nikmat. Salah satunya, Medan. Di sini tak sulit menemukan kedai kopi atau kopi tiam enak.

Masing-masing kedai kopi punya penggemarnya sendiri. Mereka meracik kopi yang khas dengan sajian aneka pendamping yang nikmat. Ini 4 kedai kopi legendaris di ibu kota Sumatera Utara.

1. Kedai Kopi Apek

Medan Punya 4 Kedai Kopi Legendaris yang Patut DisambangiFoto: Club Masak

Di kawasan Jalan Hindu, Kesawan, Anda wajib mampir ke Kedai Kopi Apek. Konon kedai kopi ini adalah yang tertua di Medan karena sudah ada sejak tahun 1923. Interior ruangan di sini juga masih mempertahankan desain zaman dahulu. 

Kini Kedai Kopi Apek dikelola generasi ketiga. Racikan minuman kopinya masih nikmat, salah satu yang patut dicicip adalah Kopi O dari biji kopi Sidikalang. Kalau mau yang manis, cobalah paduan kopi sidikalang dengan susu kental manis. Uniknya susu kental manis disajikan terpisah di gelas kecil sehingga Anda bisa menyesuaikan rasa manis sesuai selera. Pesan juga roti bakar srikaya dan martabak telur sebagai camilan pendamping kopi.

2. Kopi Kok Tong Siantar

Medan Punya 4 Kedai Kopi Legendaris yang Patut DisambangiFoto: Otten Coffee

Kalau ke Pematang Siantar, Anda bisa mampir ke Kopi Kok Tong Siantar yang sudah ada sejak 1925. Sang pemilik yang berdarah Tiongkok, Lim Tee Kek kini berhasil mewariskan kedai kopinya hingga dikelola generasi ketiga. Di sini hanya ada dua pilihan kopi yaitu kopi hitam dan kopi susu. Keduanya tersedia dalam pilihan panas maupun dingin.

Biji kopi yang dipakai kabarnya berasal dari biji kopi robusta yang ditanam di dataran tinggi Simalungun. Biji kopi ini diolah secara klasik, manual dan tanpa alat mesin. Untuk pendamping, bakpao dan roti bakar bisa jadi pilihan. Kopi Kok Tong Siantar beralamat di Jalan Cipto No. 115, Pematang Siantar.

3. Kopi Tiam Ong

dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Aneka minuman kopi tradisional bisa ditemui di Kopi Ong atau berarti kedai kopi dalam bahasa Tiongkok. Di sini ada kopi toebroek, kopi ong klasik, kopi ong klasik krim soesoe dan iis kopi ong madoe klasik. Tak ketinggalan kopi talua khas Bukittinggi dengan campuran telur, kopi bajigur, kopi berempah dan ice coffee blended modern. Minum kopi makin nikmat dengan makanan pendamping seperti pisang goreng, selat popiah dan roti bakar di sini.

Kopi Tiam Ong sudah ada sejak tahun 1968, digagas oleh Ong Sun Ching selaku pemilik. Filosofinya dalam menikmati kopi diwujudkan dalam sebuah tulisan di papan. Bunyinya, "Minum Cangkir Pertama sebagai Orang Asing, Cangkir Kedua sebagai Teman dan Cangkir Ketiga sebagai Saudara." Kopi Tiam Ong ada di Jalan Doktor Mansyur No. 39.

4. Kedai Kopi Kurnia

Medan Punya 4 Kedai Kopi Legendaris yang Patut DisambangiFoto: Hungry Advocates

Di kawasan Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomihardjo, Kedai Kopi Kurnia bisa disambangi pencinta kopi. Sejenis kopi tubruk khas Medan yang harum wajib dipesan saat ke sini. Coba juga roti panggang srikaya home made dan telur ayam kampung setengah matang. Dijamin, pengalaman minum kopi jadi lebih maksimal!

Tak perlu khawatir lapar saat ke sini karena Kedai Kopi Kurnia juga menawarkan aneka menu 'berat.' Diantaranya mie hokkien dan kwetiau goreng. (adr/lus)
Lihat Juga Lowongan Kerja Terbaru:
Crew Restaurant (Counter - Kitchen) PT Multirasa Nusantara ( YOSHINOYA)/td>
Berita Terkait
jobs-to-success